Merangkum bab 1

MERANGKUM BAB 1
A.    LATAR BELAKANG DAN SEJARAH
1.      Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah dua komputer atau lebih yang terhubung satu dengan yang lainnya. Sebagai penghubung dapat digunakan kabel atau media lain yang tidak menggunakan kabel, misalnya gelombang radio, sinar inframerah, dan bluetooth
2.      Sejarah Jaringan Komputer
Pada tahun 1940-an di Amerika ada sebuah penelitian yang ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer secara bersama. Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer karena misalnya harga perangkat kompuer maka ada tuntutan sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal.Dari sinilah maka muncul konsep yang dikenal dengan TSS (Time Sharing System) . Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri kesebuah host komputer.
3.      Tujuan Jaringan komputer
a.     Berbagi sumber daya (Resource sharing)
b.     Kehandalan tinggi (High reliability)
c.      Skalabilitas (Scalability)
d.     Media komunikasi, dan askses informasi secara luas dan up to date
4.      Manfaat Jaringan
a.     Memudahkan pengaksesan informasi
b.     Berbagai program atau data
c.      Berbagai perangkat keras
d.     Saving money (Penghematan uang / anggaran)

B.    JENIS – JENIS DAN TIPE JARINGAN
1.     JENIS – JENIS JARINGAN
A.    PAN (Personal Area Network)        
PAN merupakan jaringan antara dua atau lebih sistem komputer yang berjarak tidak terlalu jauh. PAN pada umumnya berguna untuk komunikasi dengan perangkat tertentu atau untuk menghubungkan kejaringan komputer yang lebih tinggi. Teknologidan protokol yang digunakan PAN diantaranya adalah Wifi, Wireless Applocation Protokol(WAP),bluetooh, infrared, dan lain-lain. Sebuah piconet pada umumnya memiliki jangkauan 10 meter walaupun dalam kondisi ideal bisa hingga mencapai 100 meter
B.     LAN (Local Area Network)
Jaringan komputer LAN merupakan jaringan privat didalam sebuah gedung atau berada dilokasi perkantoran, kampus, dan pusat – pusat bisnis yang memiliki ukuran hanya beberapa kilometer saja. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer – komputer pribadi maupun workstation. Tempat – tempat koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi disebuthotspot.
C.     MAN (Metropolit Area Network)
Jaringan komputer MAN adalah suatu jaringan komputer dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan suatu lokasi seperti : sekolah, kampus, perkantoran , dan pemerintahan. MAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer dilokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer yang lain. Pelengkapan untuk jaringan MAN adalah HUB. HUB adalah istilah umum yang digunakan untuk menerangkan sebuah central connection point untuk komputer network. 
D.    WAN (Wide Area Network)
WAN adalah komputer yang mencakup area yang cukup besar sebagai contoh jaringan komputer antarwilayah, kota atau bahkan negara. WAN digunakan untuk membuat interkoneksi antar jaringan komputer lokal yang secara fisik tidak berdekatan satu sama lain, yang secara fisik bisa dipisahkan dengan kota, provinsi, atau bahkan melintasi batas lintas negara dan benua
2.     TIPE JARINGAN
A.    Jaringan peer to peer
Pada jaringan peer to peer, semua komputer memiliki posisi setara/sejajar dalam hierarki yang sama. Sifat jaringan peer to peer digunakan untuk hubungan antara setiap komputer yang terhubung dalam jaringan komputer yang ada, sehingga komunikasi data terjadi antarkomputer dengan hierarki yang sama setiap komputer dapat berfungsi sebagai server maupun klien.
B.     Jaringan client/server
Pada jaringan client/server, perangkat lunak yang mengontrol keseluruhan kerja jaringan berada pada server. Jaringan ini dapat menghubungkan ratusan komputer dengan tingkat keamanan yang tidak dimungkinkan dalam jaringan peer to peer.
C.     Jaringan Hybrid
Jaringan ini merupakan gabungan dari sifat pada jaringan peer to peer dan client/server. Pada jenis jaringan ini terdapat pula sifat dari jaringan client/sever sedemikian sehingga tingkat keamanan daoat lebih terjaga dan adanya server yang mempunyai suatu fungsi layanan tertentu, seperti: sebagai file server, printer server, database server, mail server, dan lainnya.


C.     TOPOLOGI JARINGAN
1.     Topologi Bus
Topologi bus adalah sebuah topologi yang media transmisinya menggunakan kabel tunggal atau kabel pusat. Ciri – ciri topologi bus adalah :
a.     Teknologi lama
b.     Susah melakukan pelacakan masalah
c.      Discontinue Support
2.     Topologi Ring
Topologi cincin atau disebut topologi ring adalah topologi yang bentuknya rangkaian yang masing – masing tersambung ke dua titik yang lainnya. Ciri – ciri topologi ring adalah :
a.     Teknologi IBM yang biasa dipasangkan dengan mesin IBM AS/400
b.     Menggunakan standart IEEE 802.5.
c.      Konektor AUI : Attchment User Interface
3.     Topologi Star
Topologi bintang atau star adalah suatu cara menghubungkan antara komputer satu dengan kompter yang sehingga dapat mempunyai bentuk bintang. Kabel yang dipakai pada topologi ini adalah Kabel UTP dengan konektor RJ-45
4.     Topologi Extended Star
Topologi extended star adalah gabungan dari beberapa topologi star. Topologi ini tidak jauh berbeda dengan topologi star yaitu :
a.     Setiap node berkomunikasi langsung dengan sub node
b.     Digunakan pada jaringan yang besar dan membutuhkan penghubung yang banyak
5.     Topologi Mesh
Topologi mesh atau disebut juga dengan topologi jala adalah bentuk hubungan yang semua perangkat atau node saling terhubung satu sama lain. Ciri – ciri topologi mesh:
a.     The full connected yaitu seluruh perangkat/node dalam suatu jaringan saling terhubung antara satu dengan yang lainnya
b.     The partial connected yaitu perangkat yang saling berhubungan hanya beberapa saja.

6.     Topologi Hierarchical
Topologi ini biasa disebut sebagai topologi tree. Topologi hierarchial tree secara fisik arsitekturnya memiliki skema seperti akar pohon. Topologi ini dapat mensupport baik baseband maupun broadband signaling dan mensupport baik contention maupun token bus access.


D.    PROTOKOL JARINGAN
Protokol merupakan suatu rule atau main yang mengatur komunikasi data. Beberapa fungsi yang ada dalam jaringan komputer
1.     Hal – hal yang harus diperhatikan dalam protokol
a.     Syntax, merupakan format data dan cara pengkodean yang digunakan untuk mongkodekan sinyal
b.     Timing, Digunakan untuk mengetahui kecepatan transmisi data
c.      Seamantix, Digunakan untuk mengetahui maksud dari informasi yang dikirim.
2.     Fungsi – fungsi protokol adalah sebagai berikut :
a.     Fragmentasi Dan Reassembly
b.     Encaptulation
c.      Connection Control
d.     Flow Control
e.     Transmission Service
TCP/IP protokol adalah jaringan dengan teknologi “Packet Switching” yang berasal dari proyek DARPA (Development Of Defense Advanced Research Project Agency) ditahun 1970-an dikenal dengan nama ARPANET.     TCP/IP          sebenarnya merupakan suite dari gabungan beberapa protokol. Di dalamnya terdapat protokol TCP, IP, SMTP, POP dan sebagainya .
A.    TCP (Transmission Control Protokol)
TCP melakukan transmisi data per segmen, artinya paket data dipecah dalam jumlah yang sesuai dengan besaran paket, kemudian dikirim satu persatu hingga selesai


B.     IP Address
IP Address merupakan pengenal yang digunakan untuk memberi alamat tiap – tiap komputer dalam jaringan. IP Address mempunyai range dari 00000000. 00000000. 00000000. 00000000 sampai 11111111. 11111111. 11111111. 11111111
C.     Subnet Mask
Subnet mask diperlukan oleh TCP/IP untuk menentukan apakah jaringan yang dimaksud adalah jaringan local atau non local


E.     PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER
Perangkat jaringan komputer adalah perlaratan atau perangkat keras yang dibutuhkan dalam membentuk sebuah jaringan komputer
1.     Server
Server adalah hadrware atau perangkat keras yang berfungsi untuk melayani jaringan dan workstation yang terhubung pada jaringan tersebut
2.     NIC (Network Interface Card)
NIC adalah kartu jaringan atau LAN Card berupa papan elektronik yang nantinya ditanam atau dipasang disetiap komputer yang akan dihubungkan ke suatu jaringan.
3.     Hub atau Concentrator
Secara sederhana Hub bisa dikatakan suatu perangkat yang memiliki banyak port yang akan menghubungkan beberapa node atau titik membentuk suatu jaringan pada topologi star.
4.     Bridge (Jembatan)
Bridge adalah perangkat yang berfungsi menghubungkan beberapa jaringan terpisah, baik tipe jaringan yang sama maupun berbeda (seperti ethernet dan fast ethernet)


5.     Switch
Switch atau lebih dikenal dengan istilah LAN switch merupakan perluasan dari konsep bridge. Dengan switch ada beberapa keuntungan karena setiap segmen jaringan memiliki bandwidth 10 Mbps penuh, tidak terbagi seperi pada “shared network”

6.     Wireless
Wireless ini bermacam – macam merk dan jenisnya. Wireless kebanyakan sudah terpasang dikomputer ada juga tambahan bahkan untuk komputer, neetbook atau laptop yang sudah memasang logo Mobile Technology seacara otomatis sudah ada wirelessnya.
7.     Router
Router merupakan penyaring atau filter lalu lintas data. Penyaringan dilakukan dengan menggunakan protokol tertentu.
8.     Kabel Local Area Network
Pertama kali LAN menggunakan kabel “coaxial” . kemudian, kabel “twisted pair” yang digunakan dalam sistem telepon. Kabel optik telah diambil sebagai pilihan kabel berkecepatan sangat tinggi. Local Area Network menggunakan empat tipe kabel :
a.     Coaxial
Kabel coaxial terdiri dari :
1.     Sebuah konduktor tembaga
2.     Lapisan pembungkus dengan sebuah “kawat ground”
3.     Sebuah lapisan paling luar
b.     Unshielded Twisted Pair (UTP)
Kabel unshielded twisted pair (UTP) digunakan untuk LAN dan sistem telepon.
c.      Shielded Twisted Pair
Shielded twisted pair adalah jenis kabel telepon yang digunakan dalam beberapa bisnis intalasi
d.     Kabel Filter Optik
Kabel Filter Optik adalah teknologi kabel tertentu, Terbuat dari glas optik.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mudah Membuat Subdomain Blog di Namecheap

Cara Membuat Kalkulator Sederhana dengan Notepad